Monday, January 7, 2013

Curhat admin :)



Baru-baru ini admin melaksanakan ujian mata kuliah Psikologi Dewasa. Tema yang dibahas adalah perkembangan individu dewasa madya. Menurut buku-buku yang telah admin baca, konteks utama masa dewasa madya adalah keluarga dan karier.  Kemudian admin mulai belajar tentang berbagai aspek perkembangan individu, mulai dari fisik dan seksual, kognitif, minat dan spiritualitas, moral, psikososial, kepribadian sampai pada aspek karier. Di dalam pembahasan aspek karier tersebut admin menemukan toeri pemilihan karier berdasarkan kepribadian yang dikemukakan oleh John L. Holland. Tetapi, ternyata belum ada penjelasan mengenai masing-masing jenis kepribadian yang dimaksud. Karena penasaran maka admin berusaha mencari tentang teori tersebut, dan alhasil inilah yang admin dapat. Semoga bermanfaat! 

 6 jenis kepribadian yang mempengaruhi perkembangan karier seseorang :
1.     Tipe Realistik
Tipe ini memiliki kecenderungan untuk memilih pekerjaan yang berorientasi kepada penerapan. Ciri-ciri tipe ini adalah mengutamakan kejantanan, kekuatan otot, keterampilan fisik, mempunyai kecakapan, dan koordinasi motorik yang kuat, kurang memiliki kecakapan verbal, konkrit, bekerja praktis, kurang memiliki keterampilan sosial, serta kurang peka dalam hubungan dengan orang lain.
Contoh pekerjaan untuk orang-orang tipe ini antara lain adalah operator mesin/radio, sopir truk, petani, penerbang, pengawas bangunan, ahli listrik, dan pekerjaan lain sejenis.

2.     Tipe Intelektual/Investigative
Orang dengan tipe ini cenderung memilih pekerjaan yang bersifat akademik. Ciri-cirinya adalal memiliki kecenderungan untuk merenungkan daripada mengatasinya dalam memecahkan suatu masalah, berorientasi pada tugas,  cenderung tidak sosial, membutuhkan pemahaman, menyenangi tugas-tugas yang bersifat kabur, memiliki nilai-nilai dan sikap yang tidak konvensional dan kegiatan-kegiatannya bersifat intraseptif.
Contoh pekerjaan yang dipilih oleh orang dengan tipe intelektual adalah ahli fisika, ahli biologi, ahli kimia, antropologi, matematika, peneliti/ilmuwan, dan pekerjaan lain sejenis.

3.     Tipe Sosial
Memiliki kecenderungan untuk memilih pekerjaan yang bersifat membantu orang lain merupakan salah satu ciri utama dari tipe ini. Ciri lainnya adalah pandai bergaul, berbicara, bersifat responsif, bertanggung jawab, kemanusiaan, bersifat religius, membutuhkan perhatian, memiliki kecakapan verbal, hubungan antarpribadi, kegiatan-kegiatan teratur, lebih berorientasi pada perasaan.
Contoh pekerjaan yang digeluti tipe sosial ini antara lain adalah guru, pekerja sosial, konselor, misionaris, psikolog klinis, terapis, dan pekerjaan lain sejenis.

4.     Tipe Konvensional
Pada umumnya orang-orang tipe ini cenderung menyukai kegiatan verbal, mereka menyenangi bahasa yang tersusun baik, numerik yang teratur, senang mengabdi, mengidentifikasikan diri dengan kekuasaan, memberi nilai tinggi terhadap status dan kenyataan materi.
Contoh pekerjaan tipe ini adalah kasir, ahli statistik, pemegang buku, pegawai arsip, pegawai bank, dan pekerjaan lain sejenis.

5.     Tipe Usaha/Enterprising
Tipe usaha pada umumnya menggunakan keterampilan berbicara untuk menguasai orang lain atau mempengaruhi orang lain, menganggap dirinya paling kuat, jantan, mudah beradaptasi dengan orang lain, perhatian yang besar pada kekuasaan, status dan kepemimpinan, serta agresif dalam kegiatan lisan.
Contoh biang yang ditekuni oleh tipe ini adalah pedagang, politikus, manajer pimpinan eksekutif perusahaan, perwakilan dagang, dan pekerjaan lain yang sejenis.

6.     Tipe Artistik
Orang yang mempunyai tipe kerpribadian ini cenderung berhubungan dengan orang lain secara tidak langsung, bersifat sosial, dan sukar menyesuaikan diri. ciri dari tipe ini antara lain menyukai masalah yang memerlukan interpretasi atau kreasi bentuk-bentuk artistik melalui cita rasa, perasaan dan imajinasi. Dengan kata lain, orang tipe ini fokus pada hal menghadapi keadaan sekitar dengan cara mengekspresikan diri dan menghindari keadaan yang bersifat intrapersonal, keteraturan, atau keadaan yang menuntut keterampilan fisik.
Contoh pekerjaan orang-orang tipe ini adalah ahli musik, ahli kartun, pencipta lagu, penyair, danoekerjaan lain sejenis.

Yang mana tipe-mu? :)
Credits : 



0 comments:

Post a Comment