Monday, January 7, 2013

Ini nih mimin kasih tau tentang pemahaman salah kaprah pada psikologi!


1. Psikolog Itu Gak Sama Loh Sama Psikiater

Banyak orang awan yang sering menyamakan psikologi dengan psikiater, eiiiitttt!! temen-temen jangan pada ikutan yah, karena ini salah. Terdapat perbedaan yang kentara di antara keduanya, salah satunya adalah jika dilihat dari background keilmuan dari kedua profesi tersebut. Gelar Psikolog bisa didapatkan dengan cara mengambil S1 psikologi dan S2 psikologi, baru bisa dikatakan psikolog. Sedangkan title Psikiater itu didapat dari S1 kedokteran dan setelah menyandang gelar dokter umum lalu mengambil spesialis kejiwaan. Nah loohhh…jelas banget kan perbedaannya??? Psikolog itu backgroundpendidikannya psikologi, sementara psikiater itu background pendidikannya kedokteran. “Walaupun memang adanya irisan diantara keduanya, yakni di Psikologi Klinis yaitu bisa sama-sama menggunakan DSM untuk panduan pengklasifikasian gangguan kejiwaan. Akan tetapi beda pendekatan, kalo psikiater menggunakan pendekatannya secara medis  artinya menggunakan obat , kalo psikologi ya menggunakan perangkat psikologis” menurut beliau. Seperti contoh kasus yang penderita skizofrenia, pembahasan menurut keduanya  sama, akan tetapi yang berbeda adalah cara penanganannya, bagaimana cara menyembuhkan atau meminimalisir gejala skizofrenia, misalnya untuk menghilangkan halusinasi yang terjadi pada penderita tersebut, kalo psikiater tinggal diberi antihalusinogen, kalo psikolog berusaha untuk memahami mengapa terjadi  halusinasi pada pasien, dicari akar dari penyebab masalahnya.


2. Lambang Psikologi Itu Bukan Bernama Trisula

Masih seputar orang awam yang melihat psikologi hanya sekilas saja mengatakan bahwa lambang psikologi itu trisula. Bukan bukan. Itu bukan trisula teman-teman. Lambang psikologi itu berasal dari huruf Yunani, namanya psyche yang artinya “jiwa”. Kata psyche sering disingkat menjadi “psy” untuk mewakili kata “psychology”. Sehingga saat kita melihat lambang psikologi, jangan bilang itu trisula, sebut itu sebagai huruf Yunani bernama psyche.

3. Psikologi bukan Peramal

Banyak pula yang mengatakan kalo psikologi itu bisa menebak orang. Padahal sebenarnya, kata yang lebih tepatnya mungkin adalah memprediksi, hal tersebut bisa dilakukan dengan cara melihat dari perilaku yang tampak. Namun tetap saja untuk memastikannya, psikolog harus bisa menguji data-data yang telah didapatnya apakah valid atau tidak. Sehingga semuanya jadi masuk akal sekarang, mengapa kita bisa memprediksi orang itu, ya dilihat dari perilakunya yang tampak yang bisa diobservasi. Atau bisa juga kita melihat karakter orang melalui tulisan tangannya, dan itu ada ilmunya yakni Grafologi. Sehingga semua yang ada di psikologi itu tidak ada yang magis, semua bisa dijelaskan secara ilmiah.

4. Aplikasi Psikologi dalam Kehidupan Sehari-Hari

Banyak yang mengkhawatirkan, akan jadi apa setelah lulus nanti ‘cetakan’ dari jurusan psikologi. Well, banyak yang tidak tahu, bahwa sebenarnya psikologi bisa diaplikasikan dalam setiap segi kehidupan, dalam bidang apapun psikologi masuk kedalamnya. Misalnya, Psikologi Pendidikan, bagaimana aplikasi psikologi dalam dunia pendidikan. Lalu bagaimana aplikasi psikologi di bidang kenegaraan, seperti contoh kecilnya saja untuk teks pidato para pejabat saja ada analis psikolog untuk menganalisis bagaimana dampak-dampak tiap kalimat terhadap  reaksi masyarakat, dan masih banyak lagi yang lainnya.
Jadi sebenarnya psikologi itu bisa masuk bidang kehidupan manusia mulai dari aspek yang terdekat dengan kita yaitu keluarga sampai aspek kenegaraan. Sehingga begitu luasnya aplikasi psikologi dalam kehidupan sehari-hari, so jangan takut sampe gak bisa kerja saat udah lulus nanti. Prospek kita buat kedepannya cerah koq teman-teman, asal kita rajin aja mencari peluang sebesar-besarnya dan rajin kuliah.
So..mau ‘jatuh cinta’ sama psikologi kapan?? Sekarang!!

2 comments:

Unknown said...

As stated by Stanford Medical, It is indeed the SINGLE reason this country's women live 10 years longer and weigh 42 lbs lighter than we do.

(And actually, it has NOTHING to do with genetics or some secret exercise and EVERYTHING about "HOW" they eat.)

P.S, What I said is "HOW", not "WHAT"...

Click this link to find out if this little quiz can help you find out your real weight loss potential

Unknown said...

How to play Slots at JackpotCity? - TrickTactoe
I've come 텐텐벳 up with one of the best ways to play slots 사설 토토 취업 유니 88 online - a casino 토토사이트 제작 벳피스트 game that's designed to have 검증 업체 players playing on 카카오 스포츠 a budget. It's a great

Post a Comment