Saturday, January 5, 2013

MUSIK DAN KECERDASAN ANAK




Pengaruh musik terhadap perkembangan kemampuan matematikan dan ilmu sains dalam seorang anak terbukti dari hasil penelitian yang dilakukan terhadap kemampuan siswa usia 14 tahun dalam bidang sains di 17 negara. Dalam penelitian itu ditemukan bahwa anak dari negara belanda , jepang, dan hungaria mempunyai prestasi tertinggi di dunia. Ketika diteliti lebih mendalam ternyata ketiga negara ini memasukkan unsur musik ke dalam kurikulum mereka.

Selain itu musik juga dapat menciptakan suasana yang rileks namun waspada, dapat membangkitkan semangat, merangsang kreativitas, kepekaan dan kemampuan berpikir. Belajar menggunakan musik yang tepat akan sangat membantu kita dalam meningkatka daya ingat.

Alam semesta tercipta dengan musik alam yang sangat indah. Gemuruh ombak di laut, deru angin di gunung, dan rintik hujan merupakan musik alam yang sangat indah. Dan sudah terbukti, bagaimana pengaruh musik alam itu bagi kehidupan manusia.

Musik dapat merangsang pikiran, memperbaiki konsentrasi dan inagatan, meningkatkan aspek kognitif, juga membangun kecerdasan emosional anak. Musik diyakini menyeimbangkan fungsi otak kanan dan otak kiri sehingga anak yang mendapat pelajaran musik akan tumbuh menjadi orang yang berpikiran logis, cerdas, kretif, serta mempunyai empati yang tinggi.

Hal tersebut bisa terjadi karena gelombang alfa yang dihantarkan lewat musik memang bisa menstimulasi kecerdasan.

Musik memang sangat mempengaruhi kehidupan manusia. Apalagi musik memiliki tiga komponen penting yaitu beat, ritme, dan harmoni. Beat atau ketukan mempengaruhi tubuh, ritme mempengaruhi jiwa, sedangkan harmoni mempengaruhi roh. Contoh paling nyata bahwa ketukan sangat mempengaruhi tubuh tampak dalam konser musik rock. Bisa dipastikan tidak ada penonton maupun pemain dalam konser musik rock yang tubuhnya tidak bergetar. Semuanya bergoyang dengan dasyat, bahkan cenderung lepas kontrol, seperti tampak dari fenomena headbang atau gerakan memutar – mutar kepala mengikuti irama rock.

Juga, jika hati kita sedang susah, cobalah mendengarkan musik yang indah, yang memiliki irama (ritme) yang teratur. Maka perasaan kita akan lebih enak dan enteng. Di Barat, banyak rumah sakit yang memperdengarkan lagu – lagu indah untuk membantu penyembuhan para pasiennya. Itu suatu bukti bahwa ritme sangat mempengaruhi jiwa manusia.

Harmoni sangat mempengaruhi roh seperti tampak ketika menonton film horor yang memperdengarkan harmoni (melodi) yang menyayat hati sehingga membuat bulukuduk berdiri. Di dalam meditasi, manusiamendengar harmoni dari suara – suara alam sekelilingnya. Oleh karena musik yang baik bagi kehidupan manusia adalah yang memiliki keseimbangan antara ketukan, ritme, dan harmoni.

Manfaat musik bagi anak antara lain:
1.      Mengoptimalkan perkembangan otak.
2.      Meningkatkan kecerdasan majemuk.
3.      Memfasilitasi ikatan emosionaal orang tua dan anak.
4.      Membangun keterampilan sosial dan emosional anak.
5.      Meningkatkan perhatian terhadap tugas – tugas dan kemampuan bicara.
6.      Mengembangkan kontrol impulsif dan perkembangan motorik.
7.      Menjembatani kreativitas dan kesenangan. 


DAFTAR PUSTAKA :

>>>“Ampuhnya Musik Sebagai Terapi”, www.balita-anda.com
>>>“Cerdas Musik Sejak Dini”, www.lifestyle.okezone.com
>>>“Pelajaran Musik Bisa Tingkatkan Daya Ingat Anak”, www.perempuan.com
  

0 comments:

Post a Comment